Vaksin Covid-19, Uji Klinis Tahap 3

Ada tiga vaksin Covid-19 yang sedang uji coba uji klinis Taha 3, uji coba Taha akhir sebelum vaksin bisa beredar dan bisa digunakan secara umum. Indonesia sendiri melakukan uji coba vaksin sinovac, satu dari tida vaksin yang sedang uji klinis tahap 3.

Untuk Indonesia uji klinis dilakukan di daerah Bandung, bisa dibilang Indonesia tidak mengembangkan atau membuat vaksin secara langsung. Dimana Indonesia bekerja sama dalam pengembangan vaksin sinovac. Tentu saja ini berkaitan dengan biaya yang besar dan resiko gagal yang juga cukup besar jika mengembangkan vaksin secara mandiri.

Dari tiga vaksin yang diuji coba, menurut saya resiko terbesar mereka adalah jika mereka gagal melewatinya. Jika berhasil ketiga vaksin atau dua atau bahkan satu maka akan memberikan keuntungan ekonomi yang cukup besar. 

Mudah mudahan vaksin segera bisa diedarkan dengan begitu ekonomi bisa segara bergerak kearah yang lebih baik. Tetapi tentu saja harga harus terjangkau, mengingat semua negara mengalami kesulitan ekonomi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagi Koalisi - koalisian

Auto Generate Content

Menggugat Operator Seluler