Selamat Hari Buruh


Tidak tahu juga kenapa tidak ada yang mengucapkan selamat hari buruh, tidak seperti hari-hari nasional atau internasional lainnya yang biasanya diramaikan oleh suasana perayaan yang megah dan meriah. Contohnya ketika hari bumi, banyak dari kita yang merayakannya dengan membuat acara yang besar bertujuan untuk menyelamatkan bumi ini, walau mungkin tetap saja sumber daya yang kta gunakan masih jauh dari hal yang bsa menyelamatkan bumi, atau mungkin justru itu yang menghancurkan bumi kita.

Hari buruh memang hari yang berbeda dari hari sakral lainnya, pada hari ini biasanya hanya diramaikan oleh demonstrasi dimana-mana, dan sayangnya seakan-akan itu hanya seremonial tahunan sehingga dampaknya sendiri hanya negatifnya saja yang kelihat, dampak baiknya tertutup oleh anggapan bahwa itu hanya rutinitas tiap tahun.

Pengertian Buruh
Buruh itu apa atau siapa, cukup mudah sebenarnya arti buruh itu jika melihat kamus besar dimana buruh berarti "orang yang bekerja untuk orang lain". Ini berarti setiap orang yang bekerja untuk orang lain adalah buruh, tak peduli seberapa besar pendapatan yang diterima tetap saja itu adalah buruh jika masih bekerja untuk orang lain.

Dari makna tersebut berarti hari buruh ini sebenarnya hari bagi sebagian besar orang, hanya sedikit orang yang tidak bekerja untuk orang lain, tetapi seakan-akan hari buruh adalah hari untuk pekerja kasar, pekerja yang penghasilannya minim. Padahal seharusnya hari buruh menjadi hari yang dirayakan oleh semua buruh tak peduli golongan pangkat atau tingkat pendapatan, semua harus bersatu untuk kepentingan bersama. Tidak seperti saat ini seakan-akan pekerja tingkat atas seakan-akan bukan bagian dari buruh, dan tidak mau membantu saudaranya yang berada ditingkat bawah.

Saya tidak mau panjang lebar menjelaskan, mengkritik atau yang lainnya mengenai perburuhan. Karena saya juga kurang tahu dunia perbuuruhn itu sendiri, saya hanya ingin mengucapkan selamat hari buuh, mudah-mudahan kita bisa bersama-sama membela hak buruh, sama-sama berjuang agar buruh apapun tingakatannya bisa mendapatkan hak-hak mereka dengan semestinya.

Foto : republika.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagi Koalisi - koalisian

Auto Generate Content

Menggugat Operator Seluler