Membasmi Tikus Rumahan

Tinggal dirumah yang berkeliaran tikus-tikus memang cukup menjengkelkan, tetapi keadaan seperti itu sering dirasakan. Tikus memang hama yang cukup sulit dibasmi, dikota pedesaan sampai perkotaan seperti jakarta tikus masih eksis mengganggu kebersihan dan kenyamanan.

Kesan kotor dan penyakit yang dibawa oleh tikus membuatnya harus kita hindari, jika dirunah kita mendapati tikus maka harus segera diatasi sehingga tidak mengganggu apalagi jika sudah menularkan penyakit dan sebagainya. Tetapi tikus adalah hewan yang bisa hidup dimana saja, dan sulit untuk dibasmi kita hanya bisa mencegah perkembangannya dan penyebaran dilingkungan rumah kita.

beberap Tips dalam membasmi tikus dibawah ini semoga sedikit membantu kita.

Memutus Rantai Makanan
Ini menjadi salah satu tikus berkeliaran didekat rumah kita, mereka mendapat pasokan makanan yang cukup, biasanya dari sampah perumahan yang dibuang begitu saja sehingga menjadi lahan bagi mereka untuk mencari makanan.

Kita bisa mencegah ini dengan cara meminimalisir sampah organik seperti bekas makanan dan sebagainya, ada baiknya jika tempat sampah didekat rumah kita tertutup atau tikus tidak bisa masuk, selain itu penyimpanan makanan dalam rumah juga harus pada tempat yang tertutup sehingga tikus yang ada diluar lingkungan tidak masuk kerumah, walaupun ada yang masuk mereka tidak akan bertahan jika tidak ada makanan.

Menutup Lubang
membasmi tikus diluar rumah memang cukup sulit, tetapi kita bisa mencegah supaya tikus tidak bisa masuk kerumah, salah satu yang paling penting adalah memeriksa bagian-bagian rumah yang memungkinkan tikus masuk seperti bawahan pintu, saluran air kamar mandi dan sebagainya. Ada baiknya jika ada lubang-lubang yang bisa dimasuki tikus segera ditutup, atau diberi penyaring agar hewan tidak bisa masuk kedalam.

Menangkap Tikus
Jika tikus sudah terlanjur ada didalam rumah maka kita harus menutup akses yang bisa digunakan untuk tikus keluar masuk rumah, selain itu rantai makanan didalam rumah juga harus sudah aman, setelah itu kita bisa menggunakan perangkap tikus yang tersisa dirumah, penangkapan tikus ini bertujuan untuk membersihkan dan mencegah tikus membuat bolongan-bolongan lain yang menyebabkan usaha kita sia-sia.

Selain itu harus tetap menjaga agar tidak ada jalan yang bisa digunakan untuk keluar masuk rumah, atau antar ruangan. Menurut pengalaman tikus akan terus membuat sarang dan jalan selama dia ada dalam rumah.

Pemakain racun tikus sangat tidak disarankan, karena tikus masih bisa pergi ketempat persembunyiannya dan biasanya mengeluarkan bau yang kuat dan sulit untuk ditemukan, penggunaan racun juga cukup berbahaya khususnya bagi keluarga yang memiliki anak kecil.

Mungkin tikus sudah menjadi bagian dari hidup, entah dipedesaan maupun diperkotaan, tetapi setidaknya dengan bahaya yang ditimbulkan kesadaran kita sangat penting sehingga peredarannya bisa diminimalisir.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagi Koalisi - koalisian

Auto Generate Content

Menggugat Operator Seluler