Mengenal HYIP

HYIP atau High Yield Investment Program atau Program Investasi Dengan Profit Tinggi merupakan program investasi yang memberikan imbalan bagi hasil yang cukup tinggi, bahkan ada yang berani memberikan imbalan diatas 5% atau bahkan lebih. Bayangkan sebuah bank saja hanya berani memberikan imbalan pasti yang kecil, atau sebuah obligasi yang juga tidak jauh berbeda dengan bank yang hanya memberikan sedikit diats bunga devosito bank. HYIP menjanjikan bayaran diatas rata-rata karena biasanya bisnis ini bertumpu pada uang yang didapat dari member, pada intinya orang yang lebih dahulu ikut akan diuntungkan dimana selama masih ada orang yang bergabung dan menginvestasikan uang mereka sehingga HYIP masih sanggup membayar bonus pada membernya maka perusahaan itu aka tetap berjalan.

HYIP sendiri kebenayakan menerapkan “ponzi scheme” yaitu suatu skema dimana orang yang masuk dahulu pada program mendapat profit yang didapat dari orang yang masuk belakangan, dan apabila sudah tidak ada yang masuk atau yang masuk berkurang, maka program tersebut akan tutup (scam). HYIP biasanya menawarkan investasi mereka dengan menawarkan jasa mereka, seperti forex tradding, gold tradding, investasi saham dan lainnya yang berkenaan dengan pasar modal dan pasar uang, memang benar pasar modal bisa mendatangkan keuantungan yang besar tetapi dengan catatan resiko yang juga sangat tinggi.

Aada juga HYIP yang justru menawarkan jasa mereka tanpa usaha yang jelas, HYIP mampu menarik banyak orang karena puluhan orang yang mendapat bayaran akan menarik ribuan orang untuk bergabung dan ketika dirasa sudah banyak orang yang bergabung dan berada pada posisi pengeluaran lebih banyak dari pemasukan maka biasanya HYIP akan menghilang dengan kerugian yang dialami oleh banyak membernya khususnya member baru yang belum merasakan keuntungan yang didapat dan modal yang juga hilang tentunya.

Satunya alasan HYIP masih berkembang dan tetap menjadi primadona adalah sifat dari HYIP itu sendiri yang seperti judi, dimana pada program seperti ini walau investasi yang dibutuhkan cukup kecil tetapi dapat memberikan hasil yang tinggi, tentu saja degan resiko yang juga tinggi. Dan menurut saya HYIP harus dihindari dimana ini hanya akan merugikan orang banyak, walau sebagian kecil dari mereka akan mendapat keuntungan.

HYIP juga biasanya menggunakan sistem rferrensi (referral) atau viral merketing dimana dengan begitu maka bisnis ini akan cepat berkembang dimana member akan berbondong-bondong mengajak orang lain untuk meningkatkan pendapatan mereka. Sayangnya kebanyakan orang hanya merayu orang dengan hasil yang didapat tetapi tidak memberikan penjelasan dengan resiko yang dihadapi, bahkan banyak yang memberikan keterangan palsu untuk merayu orang entah itu dilakukan oleh pemilik HYIP itu sendiri atau membernya untuk mendapat member yang ingin berinvestasi.

Bisnis HYIP, MLM dan Money Game memang selalu menjamur di dunia internet, setiap ada yang gugur maka akan bermunculan program lain, dengan skema dan sistem yang tidak jauh berbeda, dan produk yang mereka tawarkan sama yaitu mimpi indah dengan cara mudah, terdengar mustahil tetapi mampu menghanyutkan dan memperdayai banyak orang.

Ini hanya sebagai catatan, benar tidaknya masih perlu ditanyakan, hanya sekedar membagi pandangan tentang bisnis HYIP dan hanya sebagai pembelajaran khususnya bagi penulis sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagi Koalisi - koalisian

Auto Generate Content

Menggugat Operator Seluler