Google Masuk Indonesia Berkah Ataukah Petaka

Sebenarnya google sudah masuk Indonesia sudah jauh-jauh hari, cuma tahun 22012 ini sepertinya google mulai benar-benar ingin total terjun di dunia internet Indonesia. Ini terlihat dari tiga bulan kebelakang dimana pada awal tahun google meluncurkan beberapa layanan andalannya dengan versi Indonesia, mulai dari google maps, google toko webstore, adsense berbahasa Indonesia dan masih banyak lagi. Yang terakhir adalah pembukaan kantor google pada akhir maret dan ini mengidentifikasikan kalau google sudah benar-benar mengusai bisnis internet di negeri ini.

Tentu saja ini bisa menjadi berkah atau petaka bagi dunia internet lokal, yang selama ini tertidur panjang. Berkah karena saat ini google sedang gencar perinvestasi, berpromosi dan mengembangkan dunia internet pada industri lokal, mulai dari kerja sama dengan pengembang lokal sampai pemberian layanan gratis untuk perusahaan yang mau go online.

Petaka karena dalam jangka panjang bisa dipastikan perusahaan lokal tidak akn mampu berkembang, khususnya yang memiliki layanan yang sama dengan google, dan tentu saja keuntungan yang akan keluar dari Indonesia yang seharusnya bisa dinikmati oleh kita. Keuntungan dan kerugian yang setiap individu memiliki pandangan sendiri-sendiri, tetapi setidaknya harus ada langkah pasti untuk menyelamatkan dan mengembangkan industri Internet lokal.

Masuknya google memberi banyak harapan, setidaknya google saat ini memberikan kemudahan kepada pengguna internet. Google juga memberikan layanan dan pengembangan bisnis lokal agar mau terjun dalam dunia internet sebagai salah satu media dalam berpromosi, pemasaran dan sebagainya.

Ada plus minus yang kita dapat dari masuknya google, kita sendiri yang menentukan nasib industri internet lokal kita. Setidaknya harus ada kesadaran dari kita untuk tidak melupakan bahwa setiap apa yang kita nikmati dan gunakan harus memberikan timpal balik yang positif. Masuknya google harus bisa memacu internet lokal untuk lebih maju bukan hanya sebagai pengguna tetapi lebih dari itu kita harus bisa menjadi produsen di industri internet yang kian hari kian berkembang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagi Koalisi - koalisian

Auto Generate Content

Menggugat Operator Seluler