Sadur Menyadur Dunia Blogging

Bisa dibilang dunia blogging tidak lepas dari masalah sadur menyadur konten, apalagi bagi blogger yang mencari uang dimana dibutuhkan konten yang berkualitas dan banyak, sehingga banyak para blogger yang mengambil jalan pintas dengan cara menyalin tulisan orang dan mengeditnya sedikit. Saya sendiri berpandangan bahwa hal seperti itu tidak baik tetapi bukan berarti saya melarang atau mengecam keras cara-cara seperti itu, menurut saya cara seperti itu boleh saja asal tidak merugikan orang lain dan setidaknya mencantumkan sumber.

Banyak juga yang menyadur dari blog ini bahkan ada yang menyalinnya secara mentah tanpa mengeditnya sama sekali, untuk yang menyadur saya sangat bebas terhadap seperti itu dimana mungkin terlalu susah untuk membuat konten secara langsung dan benar-benar hasil sendiri tetapi menurut saya ada baiknya mulai dari sekarang meninggalkan cara menulis dengan menyadur apalagi menyalin artikel/konten blog lain.

Saya sendiri sudah meninggalkan cara menulis dengan menyadur tulisan orang, tentu saja akan ada kesulitan ketika sudah terbiasa menulis dengan menydur tulisan orang, tetapi dengan dimulai dengan sedikit demi sedikit maka kebiasaan seperti itu akan bisa dihilangkan. Tentu saja banyak hal yang tidak bisa lepas dari menyadur seperti teori, pengertian dan lainnya tetapi jika itu hasil dari menydur maka sebaiknya sumber ditampilkan.

Saya tidak terlalu melarang tentang sadur menyadur dimana kadang untuk menulis sangat sulit untuk mendapatkan ide khususnya bagi yang baru belajar menulis, tetapi seperti yang saya bilang ada baiknya kita terus memperbaiki kualitas tulisan dan meninggalkan cara menulis dengan menyadur pada bidang yang seharusnya bisa kita tulis tanpa menyadurnya.

Saya sendiri mengakui sering menyadur tulisan orang lain dikarenakan ketidak tahuan atau karena kesengajaan, tetapi itu adalah awal dari karir saya. Sama seperti belajar sepeda motor dimana hampir semua orang sebelum memiliki SIM sudah pernah membawa motor dijalan raya tentu saja itu melanggar aturan tetapi tanpa itu kita tidak akan bisa mengendarai sepeda motor. Ini bukan pembelaan terhadap kegiatan sadur tulisan yang tidak mengikuti aturan tetapi banyak blogger khususnya yang baru belajar belum tahu dan masih belajar seperti saya yang kadang melanggar aturan entah itu dikarenakan ketidak tahuan atau kesengajaan dikarenakan keterpaksaan.

Menyadur tulisan bisa dibenarkan atau disalahkan tergantung bagaimana orang menykapinya, banyak orang yang menganggap hakk kekayaan terhadap tulisan hanya menghambat kejuan ilmu pengetahuan dan sebagian lain menganggap hak kekayaan tulisan melindungi penulis yang sudah membuat tulisan tentu saja keduanya benar dan itu kembali pada masing-masing individu yang jelas kita harus mengikuti aturan yang ada entah itu aturan baku atau aturan yang diberikan oleh penulis itu sendiri terhadap tulisannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagi Koalisi - koalisian

Auto Generate Content

Menggugat Operator Seluler