Perhitungan Alexa Rank

Dalam Optimasi / SEO salah satu yang paling penting sebelum mengoptimalkannya harus mengerti dulu aspek tersebut, seperti backlink kita harus tahu apa itu backlink, bagaimana backlink dapat memberikan efek baik pada blog dan SERP dan bagimana mereka (mesin Pencari) menilai backlink, setidaknya dengan mengetahui itu kita akan lebih optimal dalam optimasi.

Salah satunya adalah alexa rank, kita harus tahu apa itu alexa rank, manfaat dan masih banyak yang harus diketahui, dimana alexa menjadi slah satu faktor dalam optimasi / SEO, dengan alexa yang bagus maka pengunjung yang mengetahui akan lebih senang berada pada blog, untuk pemasang iklan alexa rank menjadi slah satu acuan, dan masih banyak manfaat dai alexa rank yang tentu saja jika kita mampu mengoptimasinya itu akan membuat blog lebih baik.

Perhitungan alexa rank sendiri adalah menurut jumlah impresi blog dalam tiga bulan terakhir, jadi ketika blog tidak bisa diakses selama beberapa hari misalkan maka itu akan mempengaruhi alexa rank selama tiga bulan, sampai hari dimana blog tidak bisa diakses sudah tidak dihitung dalam penentuan alexa rank.

Untuk meningkatkan alexa rank maka pengunjung blog harus meningkat, walaupun begitu alexa rank dipengaruhi oleh situs/blog lain, tidak seperti pagerank yang saling mengangkat dalam alexa rank kita bersaing dengan situs lain. Blog harus bisa meningkat lebih baik dalam jumlah pengunjung dari situs lain untuk mendapat alexa rank yang lebih baik.

Pengalaman saya untuk mendapat alexa rank gampang-gampang susah, blog ini sendiri memiliki alexa rank 6 jutaan saat konten ini dibuat tetapi dengan catatan blog baru berumur 2 bulan jadi masih ada satu bula yang kosong yang akan membuat pagerank meluncur keatas secara cepat dimana blog ini sebelum ganti domain memilki alexa rank satu jutaan.

Dan mudah-mudahan alexa blog bisa masuk diatas satu juta dan tentu saja dengan terus mengupdate isi yang ada, sehingga jumlah pengunjung meningkat dan dapat menyalip blog/situs lain. Tetapi untuk satu jutaan saja cukup memuaskan melihat jumlah pengunjung yang ada dan domain yang masih baru sehingga ketika membuat konten membutuhkan waktu yang cukup lama untuk terindeks palagi mendapat SERP yang bagus.

Walaupun begitu itu hanya masalah waktu, setidaknya menurut pengalaman ketika domain sudah dianggap baik maka hanya butuh waktu bebarapa menit maka posting sudah terupdate dan mendapat SERP yang baik. Dan butuh sekita enam buan lebih untuk terindek dengan baik oleh mesin pencari.

Perhitungan alexa rank adalah akumulasi dari tiga bulan walaupun begitu peningkatan dan penurunan pengunjung settiap harinya walaupun sediti sangat mempengaruhi, alexa rank sendiri update setiap hari. Peningkatan secara berlahan akan tetap meningkatkan alexa rank begitu juga penurunan, dimana alexa rank sepertinya update setiap hari.

Alexa rank hanya rangking tetapi itu juga yang dilihat pengunjung dan para pemasang iklan, dengan alexa rank yang bagus itu sudah membuktikan bahwa blog berkulitas dan mempunyai pengunjung yang banyak sehingga mendapat nilai yang lebih.

Komentar

  1. Harus gencar bergerilya kalo punya domain baru...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantaps gan,, klo saya jarang bergerilya,,, blog agan mantaps,,,

      Hapus
  2. rajin update konten dan cari link setahu saya bisa ngecilin alexa rank gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya juga gan, cuma kalo link ada perhitungan sendiri, yaitu alexa link...

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagi Koalisi - koalisian

Auto Generate Content

Menggugat Operator Seluler