Nulis Paling Enak di Blog Sendiri

Menulis secara online memang bisa dimana-ama, wikipedia, forum seperti kaskus, sosial media seperti facebook dan masih banyak lagi. Tetapi menurut saya yang paling enak buat nulis itu diblog sendiri, walaupun pembaca bisa dibilang sangat sedikit khususnya seperti blog ini yang kurang populer, tetapi ada niali berbeda yang didapat.

Tidak seperti ditempat lain yang bisa menjadi tempat menulis, dalam blog kita bisa menulis apa saja dan pembaca juga siapa saja. Aturan yang ada membuat kita lebih bebas dalam menulis, saya pernah menjadi penulis diwikipedia cuma sayang sebagian besar kontribusi saya tidak muncul dikarenakan banyak aturan yang ada, atau bahkan yang menurut saya tulisan saya sudah sesuai dengan aturan tetapi ada saja orang yang tidak mau tulisan saya ada disana tetapi tiak apa-apa situs seperti wikipedia semua orang bisa menulis tetapi harus sesuai dengan pengurus adan kontributor lain tentu-nya.

Untuk forum sendiri cukup meyenangkan untuk menulis, dimana tulisan yang kita buat jika berkualitas maka akan mendapat apresiasi dari pengguna lain, tetapi biasanya banyak aturan yang harus dipenuhi, dan tulisan yang hanya sekedar catatan ringan seperti ini biasanya tidak masuk kriteria tulisan yang diperbolehkan. Saya sendiri masih tetap menulis pada forum seperti kaskus.

Sosial media lebih bebas daripada forum cuma pembaca yang didapat tidak maksimal, apalagi mendapat pembaca orang diluar, tulisan dalam sosial media seperti facebook lebih ke catatan pribadi yang hanya orang tertentu saja pembacanya atau hanya untuk konsumsi sendiri.

Dan blog adalah tempat menulis untuk kriteria apa saja asal tidak menyalahi aturan undang-undang yang ada, dan pembaca yang didapat lebih umum, tetapi tentu saja ini dibutuhkan waktu sehingga blog mendapat popularitas sehingga pengunjung yang didapat juga banyak. Kita bisa menulis dimana saja yang kita mau, memilih salah satu media, sebagian atau menjadikan setiap media yang ada menjadi tempat menulis adalah hak kita untuk menentukan.

Kelemahan dari dari menulis dan mempublikasikannya dengan blog adalah pembaca yang sedikit, setidaknya dibutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar. Tetapi dalam janga panjang blog akan berkembang dan ketika blog sudah memiliki kekuatannya dalam menarik ribuan pe,baca bukan tidak mungkin setiap tulisan baru yang dipublikasikan akan dibaca oleh ribuan orang.

Apapun media yang kita gunakan selama masih tetap dan terus menulis maka akan banyak manfaat yang didapat, di dunia modern saat ini menulis bukan hanya sekedar hobi atau kesenangan lebih dari itu menulis adalah kebutuhan setidaknya hampir semua orang dan hampir setiap hari seseorang menulis setidaknya untuk sekedar SMS gombal atau merangkai kata-kata dalam berkirim pesan dan sebagainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagi Koalisi - koalisian

Auto Generate Content

Menggugat Operator Seluler