Indonesia Masih Sebagai Pengguna

Internet Indonesia memang sangat pesat perkembangannya, tiap tahun pengguna internet terus bertambah, pasilitas untuk mengakses internet semakin mudah dan dengan biaya yang makin terjangkau. Tentu saja ini adalah kemajuan yang bisa disuskuri dimana internet adalah sarana komunikasi yang epektif dan efisien untuk mencari informasi dan beriteraksi dengan orang lain bahkan dengan jarak yang sangat jauh sekalipun.

Perkembangan pengguna internet tentu saja membuat semakin banyak peluang dalam pemberi layanan, walaupun tak sebanyak pengguna setidaknya harus ada keseimbangan antar pengguna dan penyedia layanan lokal. Ini bertujuan agar sektor bisnis didunia internet Indonesia tidak hanya dikuasai asing, dan kenyataannya ekommerce indonesia dikuasai oleh asing.

Bisa dibilang hanya sektor periklanan perusahaan lokal berjaya, sisanya hanya menjadi pelengkap saja. google, yahoo, facebook, twitter dan masih banyak lagi perusahaan asing mengeruk keuntungan yang begitu besar dari pasar internet Indonesia. Masalah ini bukan hanya karena ketidak berdayaan perusahaan lokal untuk bersaing tetapi masih banyak masalah lain yang menjadi kendala, padahal jika kita mau bekerja sama dan berusaha maka keuntungan besar yang selama ini di nikmaati asing bisa kita minimalisir.

Tentu saja untuk menghapuskan dominasi situs asing seperti google, fecbook, yahoo, twitter dan masih banyak lagi bukan perkara mudah tetapi setidaknya keadaan seperti ini bukan perkara yang harus didiamkan, setidaknya kita mencari solusi dan kekuarangan yang selama ini menjadi kendala kita dalam membangun kepercayaan pengguna lokal terhadap perusahaan penyedia jasa internet Indonesia.

Salah satu sektor yang harus di perbaiki adalah kepercayaan pengguna itu sendiri terhadap perusahaan atau pemberi jasa lokal, tentu saja ini tugas kita semua khususnya pekerja ecommerce lokal, dimana selama ini hanya mencari keuntungan besar secara instan dan money game saja yang dicari, pemebrian layanan yang baik dan keuntungan jangka panjang kurang diperhatikan. Sehingga sektor penting yang membutuhkan kinerja dan proses panjang dikuasai oleh situs asing. Padahal sektor tersebut adalah sektor penting dimana keuntungan yang besar bisa didapat.

Kemajuan ecommerce lokal bukan hanya untuk menghindari keluarnya devisa yang berdampak buruk untuk perekonomian nasional, lebih dari itu banyak sektor lain yang juga akan terangkat khususnya sektor tenaga kerja yang menjadi masalah besar dinegeri ini, dengan menguasai internet setidaknya banyak sektor pekerjaan yang bisa menjadi lahan bagi masarakat yang selama ini hanya menjadi lahan perusahaan asing.

Harapan saya semoga perusahaan lokal bisa melihat peluang ini, dan untuk pemerintah harus peka dimana internet bisa sedikit membantu perekonomian masarakat setidaknya ada tindakan yang positif dalam membangun dunia Internet indonesia kearah yang lebih maju bukan hanya pada sisi pengguna tetapi juga pada sisi ecommerce lokal yang menurut saya bagian terpenting yang harus ditingkatkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagi Koalisi - koalisian

Auto Generate Content

Menggugat Operator Seluler