Buang Sampah Sembarangan VS Menebang Pohon

Kadang sedih juga jika mendengar ada orang yang tertangkap dikarenakan menebang pohon dari hutan, sedih karena merusak lingkungan dan lebih sedih lagi memikirkan hukuma berat yang akan didapat. Hukuman penjara yang lama dan denda yang besar akan didapat, padahal penebang pohon dihutan juga biasanya hanya karena keterpaksaan entah karena ekonomi atau lainnya. Dan parahnya yang kena adalah rakyat kecil sedangkan untuk kalangan atas aman-aman saja.

Sebenarnya melihat hukuman dan denda yang diberikan pada penebang pohon dihutan sudah sangat baik, ini untuk menjaga stabilitas lingkungan yang ada. melihat butuh belasan tahun agar pohon yang ditebang mendapat ganti pohon lain. Tetapi ada ketidak adilan yang diterapkan dimana orang kota yang lebih meruksak lingkungan dengan membuang sampah dan limbah seenaknya tidak mendapat hukuman bahkan terkesan dibiarkan.

Padahal butuh waktu ratusan tahun untuk menguraikan sebuah plastik yang dibuang sembarangan dan juga limbah dari pabrik yang akan membuat tanah menjadi tidak seimbang. melihat fakta ini sehrusnya peraturan yang diberikan harus lebih besar atau paling tidak setimpal dengan hukum yang berlaku bagi orang pedalaman atau desa yang menebang pohon, dimana pohon membutuhkan puluhan tahun untuk menyesuaikan kembali, sedangkan limbah membutuhkan waktu ratusan tahun untuk menyeimbangkan lagi.

Setidaknya orang yang hidup diperkotaan harus lebih memahami bahwa mereka adalah orang yang paling membutuhkan terhadap keadaan lingkungan yang seimbang, apalagi keruksakan yang terjadi dan ketidak seimbangan terhadap lingkungan secara global adalah akibat dari perkotaan, dan seharusnya peraturan yang dibuat lebih tinggi dari hukum yang ada saat ini, apalagi lemahnya hukum yang ada ditambah dengan pelanggaran yang terjadi yang terkesan dibiarkan.

Sampah dan limbah yang menjadi pemandangan bagi masarakat perkotaan harusnya menjadi cermin bagi masarakat perkotaan, mereka yang membuang dan mereka yang menikmati, bagi pemerintah seharusnya ada tindakan yang lebih maksimal dimana hukum bagi orang desa sudah berat sedangkan orang yang ada dikota masih saja membuang sampah dan limbah semaunya, padahal dampak yang ditimbulkan lebih parah dibanding penebangan pohon oleh orang pedalaman.

 Sama-sama meruksak lingkungan tetapi sampah dan limbah lebih berbahaya, tetapi hukum yang ada tidak seimbang dan pemerintah hanya menjadi tameng yang melindungi penguasa dan pengusaha.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagi Koalisi - koalisian

Auto Generate Content

Menggugat Operator Seluler