Backup Blog Untuk Keamanan

Backup memang dibutuhkan dalam pengelolaan blog entah itu menggunakan hosting berbayar maupun gratisan, dimana kemungkinan data ruksak atau hilang bisa terjadi entah karena kesalahan kita maupun orang lain. Saya sendiri melakukan backup khususnya isi atau konten dalam sebulan sekali, cara yang saya gunakan adalah backup secara offline walaupun banyak media online yang memfasilitasi backup secara online seperti dropbox dan masih banyak lainnya, dan tentu saja layanan tersebut bisa didapat secara gratis.

Untuk blog menggunakan hosting blogger entah itu blogspot maupun menggunakan domain sendiri cukup mudah untuk melakukan backup. Kita tinggal menuju dasbor blog kita untuk membackup isi blog masuk ke menu setting / pengaturan setelah itu klik menu other, disana ada menu blog tools maka pilihlah ekspor blog , setelah memilih ekspor blog maka pilihlah download blog. Maka isi blog akan tersimpan pada ardisk kita, kita tinggal menyimpannya pada tempat yang kita siapkan untuk keperluan jika isi blog kita hilang.


Jika data kita hilang atau blog tidak bisa kita akses maka kita bisa memperbaiki blog atau membuat blog baru dengan akun berbeda, dan kita tinggal meng upload data kia yang ada di hardisk kita dengan memilih menu impor blog pada menu blog tool.

Menurut saya backup secara offline sudah cukup memberikan kemanan pada blog yang saya kelola, apalagi hosting yang digunakan masih gartisan. Sedangkan backup secara online belum saya coba, tetap tentu saja backup secara online maupun offline jika dilakukan bersamaan maka akan lebih baik, tetapi saat ini saya merasa sudah cukup dengan backup konten maupun thema secara offline.

Walaupun begitu kemanan blog harus tetap diperhatikan seperti penggunaa alat akses internet yang aman, browser yang uptudate, anti virus buat online dan masih banyak lagi faktor lain yang bisa membantu kita dalam menjaga kemanan akun kita termasuk blog. Backup hanya sebagai antisispasi jika blog kita terkena virus atau terhapus, sehingga kita bisa mengembalikan isi secara lebih cepat, apalagi membuat konten adalah kegiatan yang tidak bisa secara cepat jika data blog kita hilang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagi Koalisi - koalisian

Auto Generate Content

Menggugat Operator Seluler