Blog Tanpa Optimasi

Sebenarnya blog tanpa SEO (optimasi) akan tetap mendapatkan banyak pengunjung jika isi dari blog tersebut berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung, ini sudah saya buktikan sendiri dimana salah satu blog saya walaupun tidak ada optimasi yang dilakukan seperti SEO onpage seperti memaksimalkan penempatan kata kunci sampai off page seperti menyebar backlink tidak ada yang saya lakukan.

Satu-satunya yang dilakukan adalah terus mengisi blog tersebut dengan konten yang berkualitas mengenai pembahasan yang sesuai dengan topik, dan hasilnya walaupun lambat tetapi dalam jangka panjang blog tetap tahan dan bahkan terus meningkat kualitasnya, dari segi pengunjung maupun yang lainnya seperti alexa rank dan backlink yang terus meningkat setiap harinya.

Dari pengalaman saya, dalam mengelola  blog jangan terlalu fokus pada optimasi tetapi kita harus tetap fokus mengisi blog dengan konten berkualitas. Maka dengan begitu optimasi akan terbangun secara otomatis dan ini lebih baik, dan tentu saja akan berdampak jangka panjang. Walaupun ingin melakukan optimasi maka jangan terlalu berlebihan dimana kadang optimasi yang berlebihan justru akan berdampak buruk pada penilaian mesin pencari.

Dengan asumsi ini maka walaupun kita tidak ahli dalam optimasi maka jangan berpikiran kita tidak akan dapat bersaing dalam mesin pencari, seperti yang saya bilang dengan mengisi blog dengan konten berkualitas dan bermanfaat maka itu akan meningkatkan kualitas blog secara otomatis, jadi walaupun blog yang dibuat hanya sebagai blog pribadi maka sempatkanlah sedikit waktu untuk membuat konten yang bermanfaat buat pengunjung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagi Koalisi - koalisian

Auto Generate Content

Menggugat Operator Seluler