Pengertian Dan Optimasi Search Engine Results Page (SERP)


Search Engine Results Page (SERP) adalah halaman mesain pencarian, ketika penggua internet mencari informasi menggunakan mesin peencari maka mereka mengetikan kata kunci dan akan menampilkan konten/situs hasil pencarian. Hasil dari setiap kata kunci yang dipakai pasti berbeda-beda dan mesin pencari mencoba memberikan situs/hasil pencarian yang paling relevan dengan kata kunci yang di gunakan.
Setiap konten/posting yang ada dalam blog anda kemungkinan sudah terindek dengan kata kunci yang sesuai dengan isi dari konten tersebut, dan akan tampil pada Search Engine Results Page (SERP) atau halaman pencarian, tetapi masalahnya ada ribuan konten dari situs lain juga akan muncul, pertanyaannya di urutan keberapa konten anda berada, seberapa besar kemungkinan orang menemukan konten blog anda dalam halaman pencari sehingga mereka akan mengunjungi blog anda.
Setiap mesin pencari seperti google, yahoo, bing dan sebagainya memiliki kriteria tersendiri dalam menampilkan sebuah situs/konten untuk berada pada pada urutan teratas pada setiap kata kunci. Jika konten/blog anda berada pada urutan teratas maka kemunginan pengunjung memilih blog anda akan semakin besar, tetapi untuk berada pada urutan teratas bukan lah urusan gampang, tetapi bukan juga hal yang susah.
Cara yang terbaik untuk pemula dalam mendatangkan pengunjung dari mesin pencari adalah jangan memikirkan posisi konten pada SERP, buatlah tulisan/artikel atau apa saja dengan baik dan bermutu dengan begitu maka dijamin tanpa SEO lainnya maka blog anda akan kebanjiran pengunjung yang berasal dari mesin pencari. Dan tentu saja sambil belajar sedikit demi sedikit bagaimana supaya konten yang kita buat berada pada urutan teratas di halaman mesin pencari. Ada sedikit tips dari saya dalam optimasi SERP sehingga konten anda memilki posisi yang baik pada SERP mesin pencari.

Kualitas Konten
Ini adalah faktor terpenting, sebaik apapun Optimasi yang anda lakukan tanpa konten yang baik dalam kata kunci tersebut maka optimasi yang anda lakukan hanya sia-sia. Konten berkualitas adalah optimasi paling penting. Konten berkualitas bukan konten yang panjang, tetapi konten yang mampu memberikan informasi yang sesuai dengan kata kunci. Konten berkualiats juga bukan konten yang baik dimata mesin pencari tetapi konten yang baik adalah konten yang bagus dan berkualiats dimata pengunjung.
Buatlah konten sesuai dengan gaya penulisan anda, jangan memikirkan optimasi yang hanya akan menghambat anda dalam membuat tulisan yang berkualitas. Kata kunci sendiri akan didapat sesuai dengan kata-kata yang ada dalam konten anda.
Optimasi sendiri dilakukan bukan dengan mengganti kata-kata yang ada dalam tulisan, hal seperti itu hanya akan membuat tulisan yang anda buat kurang enak untuk dibaca, optimasi yang bisa kita lakukan adalah dengan menebalkan hurup, memberikan garis miring, memberikan garis dibawah tulisan dan sebagainya sesuai dengan tata cara yang ada. Pemberian cetak tebal, miring, garis bawah merupakan pemberian umpan yang baik pada mesin pencari bahwa kata tersebut penting dan berguna.

Penilaian SERP Bukan Hanya Dari Mesin
Mungkin sebagian besar pengoperasian mesin pencari menggunakan mesin, bahkan dalam menilai untuk urutan sebuah konten/situs pada halaman pencarian kata kunci. Tetapi masih ada manusia yang mengawasi dan memeriksa keakuratan mesin pencari dalam memberikan informasi pada setiap kata kunci.
Mesin pencari Google, yahoo dan lainnya memilki tim yang bekerja untuk mengawasi dan mengecek ketepatan mesin pencari dalam menampilkan informasi, ketika anda mengoptimasi kata kunci dan konten/situs yang anda buat berada pada urutan teratas bukan berati posisi anda aman, ada kemungkinan tim yang mengelola mesin pencari akan mengecek isi dari konten/situs tersebut, jika mereka menemukan ketidak sesuaian atau konten/situs lain lebih baik maka posisi anda bisa menurun atau sebaliknya.

Konten Yang Berkaitan
Contohnya jika anda sering menulis tentang naik gunung entah itu pengalaman anda tips dan trik maka setiap kata kunci pada konten mengenai naik gunung akan semakin baik, sebuah konten yang berkaitan akan menaikan nilai SERP konten yang lainnya, ada timbal balik yang akan memberikan nilai tambah pada setiap kata kunci. Tetapi perlu diingat konten juga bisa saling menjatuhkan dalam SERP, jika ada konten yang mirip atau memiliki isi yang sama maka ada kemungkinan konten tersebut akan di cap buruk oleh mesin pencari, jadi jangan buat konten doble untuk meningkatkan nilai serp, tetapi buatlah konten lain yang berkaitan.

Tampilan Blog
Mungkin anda ingin memberikan pemandangan yang bagus bagi pengunjung blog anda atau memaksimalkan pendapatan dari iklan, tetapi jangan lupa memperhatikan kecepatan/beban blog anda. Jangan sampai tampilan blog anda justru akan membuat konten didalamnya tidak mampu bersaing di SERP dikarenakan tampila blog anda penuh dengan pernak pernik dan iklan yang menyebabkan beratnya blog dan sebagainya.
Ada baiknya sebelum memasang sesautu pada blog untuk memperhatikan fakotor yang lain, jangan terlalu banyak iklan, jika terlalu banyak yang ingin di pasan maka pilihlah yang lebih baik dan jangan pasang yang tidak terlalu diperlukan.

Maih banyak cara optimasi pada Search Engine Results Page (SERP), yang jelas terus belajar dan memperbaiki konten adalah cara paling baik untuk optimasi, dan kemampuan untuk berada pada halaman utama di setiap kata kunci yang di target akan kita dapat pada saatnya.
SEO sendiri selalu berubah dan mengikuti perkembangan, yang tidak berubah adalah kulitas konten yang selalu menjadi faktor utama dalam SEEO.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagi Koalisi - koalisian

Auto Generate Content

Menggugat Operator Seluler