Optimasi Mesin Pencari


Bisa dibilang mesin pencari adalah salah satu penemuan paling bermanfaat buat pengguna internet, dengan mesin pencari maka pencarian informasi menjadi lebih mudah. Kita tinggal memasukan kata kunci pada mesin pencari seperti google yahoo, MSN dan lainnya maka mesain pencari tersebut akan menampilkan ribuah bahkan sampai jutaan situs yang mempunyai informasi mengenai dengan kata kunci yang kita gunakan. Bayangkan tanpa bantuan mesin pencari maka kemungkinan anda menemukan sesuatu akan memakan waktu yang lebih banyak.
Mesin pencari memang mempermudah bagi pengguna, sedangkan untuk pemilik dan pengelola blog atau situs munculnya mesin pencari membuat peluang mendapatkan pengunjung menjadi lebih besar, tanpa mesin pencari sebuah blog akan sulit mendapatkan pengunjung khususnya untuk bersaing dengan situs besar yang sudah terkenal dan mempunyai banyak modal untuk keperluan iklan dan sebagainya. Dengan adanya mesin pencari maka semua situs akan memiliki peluang sama dalam merebutkan pengunjung.
Walaupun begitu ada banyak situs dan blog yang ada, bahkan konten yang anda buat kemungkinan akan banyak konten yang sama pada situs lain yang juga akan muncul pada mesin pencari. Sehingga dibutuhkan optimasi yang akan membuat situs dan konten yang anda buat mampu bersaing pada mesin pencari bahkan berada pada halaman utama yang akan membuat kemungkinan untuk di kunjungi oleh pengguna pada mesin pencari akan semakin besar.
Ilmu atau cara Optimasi mesin pencari itu sendiri biasa dikenal dengan ilmu SEO (Search Engine Optimization) yang tidak lain b Inggris dari optimasi mesin pencari. Sebenarnya tanpa otimasi blog/atau situs yang kita punya dan kelola akan dapat bersaing pada mesin pencari asalkan isi/konten didalamnya mempunyai kualitas dan memiliki banyak konten didalamnya, semaikin banyak konten maka akan semakin baik blog dan situs bersaing pada blog.
Banyak hal yang harus kita pahami dalam optimasi mulai dari pembuatan koten yang baik, backlink, pengaturan dalam situs/blog seperti tampilan dan sebagainya, tool dalam mengelola blog dan SEO dan masih banyak lagi. Tetapi SEO itu sendiri akan kita pahami sejalan dengan waktu, dimana banyak orang yang membagikan ilmu tentang SEO dan perkembangannya secara gratis, asalkan ada sedikit keinginan dan kemauan untuk belajar maka anda kan menjadi ahli SEO.
Optimasi mesin pencari (SEO) sangat penting menurut saya, dimana dengan SEO maka blog dan konten didalamnya akan memilki nilai lebih dalam bersaing dengan blog lain. Tetapi seperti yang saya bilang keahlian SEO akan kita dapat sejalan dengan waktu, tetapi ada baiknya jika anda memiliki teman atau guru yang bisa menuntun dan mengajari anda, dengan begitu maka pemahaman dan kemampuan SEO anda akan lebih cepat dan baik.
Banyak kursus, ebook dan sebagainya yang bisa anda beli dengan harga yang terjangkau dalam belajar SEO anda tinggal memilih dan mencari yang bisa anda lakukan sesai dengan kebutuhan dan dana yang anda punya. Selain itu anda juga bisa mencari teman yang ahli dalam SEO sehingga teman tersebut akan memberikan masukan dan lainnya kepada anda.
Mungkin blog hanya sebagai alat dalam menyalurkan hobi dan sebagainya, dengan alasan apapun anda membuat blog ada baiknya sambil sedikit demi sedikit belajar SEO.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagi Koalisi - koalisian

Auto Generate Content

Menggugat Operator Seluler