Google Analytics


Pemilik atau pengelola Sebuah situs web atau blog pastinya ingin mengetahui lalu lintas yang datang pada situs/blog mereka, entah hanya ingin tahu atau untuk tambahanan data sebagai strategi bisnis yang akan dilakukan maupun keperluan SEO dan sebagaginya.
Biasanya sebuah situs akan mempunyai data pengunjung dalam tool yang ada didalamnya, tetapi tentu saja kemempuan tool bawaan biasanya mempunyai kemampuan yang terbatas sehingga dibutuhkan tool/alat yang lebih baik dalam penyampaian data pengunjung blog/situs.
Salah satu tool yang lengkap dan gratis yang bisa kita gunakan adalah google analytics, dimana dengan google analytics kita bisa mengetahui berapa jumlah pengunjung perharinya, berapa lama mereka berada di blog/situs, broeser apa yang mereka gunakan, cara mereka adatang kesitus dan masih banyak data yang akan kita peroleh jika menggunakan google analytics pada blog.
Selain Google Analytics banyak tool yang bisa kita gunakan untuk keperluan dalam menganalisis pengunjung blog/situs kita seperti Hit Counter, Site Track Meter, Alat pendeteksi jumlah pengunjung, dan masih banyak lagi yang menawarkan jasa analitik untuk situs. Dimana kita bisa memilih salah satu-nya untuk keperluan analisis pengunjung blog/situs kita.
Penggunaan Google Analytics bisa dibilang agak membingungkan bagi pemula dimana banyak fitur yang ada, dan jika kita kurang paham maka kita akan sedikit kesulitan dalam memahaminya, tetapi menurut saya hal itu akan berjalan baik sejalan dengan waktu dimana hal itu akan lebih mudah jika kita sudah memahami-nya.
Penggunaan Jasa Google analytics ini diberikan secara gratis kita tinggal mendaftar dengan akun google yang kita punya dan kita bisa mendaftarkan banyak situs untuk dianalisis dengan menggunakan satu akun, jika sudah mendaftar kita harus memasang scrip yang diberikan sehingga gllogle bisa menganalisa pengnjung blog kita dan mengkompirmasi-nya, jika telah sesuai maka blog/situs kita sudah mulai dianalisis oleh google.
Salah satu yang harus menjaadi pertimbangan dalam penggunaan Google analytics ini adalah tool ini berkaitan dengan akun goole lain, seperti webmaster tool, google plus Adsense, Adwords dan yang paling penting adalah mesin pencari google yang dipakai oleh lebih dari 80% pengguna internet. Dengan begitu maka secara tidak langsung kita sudah mengoptimasi blog kita pada mesin pencari google.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagi Koalisi - koalisian

Auto Generate Content

Menggugat Operator Seluler