Apa Itu Dofollow dan Nofollow Blog

Kata dofollow dan Nofollow adalah istilah yang dipakai untuk mengkategorikan bagaimana link yang ada diblog akan di-crawl atau tidak, dofollow blog adalah blog yang mengijinkan spider mesin pencari untuk meng-crawl link yang ada didalam blog tersebut, sedangkan nolollow sebaliknya dimana blog tidak mengijinkan spider mesin pencari  meng-crawl  link yang ada didalamnya.

Konsep tag ini diperkenalkan oleh kepala webspam google yaitu Matt Cutt dan Jason Shellen pada tahun 2005. Secara sederhana pengertian nofollow adalah memberikan penjelasan agar crawler mesin pencari tidak mengikuti links yang diberikan atribute nofollow.

Apakah Blog Anda Nofollow atau Dofollow
Jika anda menggunakan blog dengan blogger atau wordpress maka pembawaan dari pengaturan blog anda adalah nofollow, dan untuk merubah blog menjadi dofollow ataupun nofollow pada blogger adalah dengan mengeditnya di bagian HTML blog anda, sedangkan untuk wordpress saya kurang tahu.

HTML merubah blog dofollow dan nofollow pada blogger
Nofollow :
<a expr:href='data:comment.authorUrl' rel='nofollow'>
Dofollow :
<a expr:href='data:comment.authorUrl' rel='nofollow'>

Mana Yang Lebih Baik Dofollow Atau Nofollow
Untuk menentukan pengaturan blog anda apakah dofollow atau nofollow maka sebaiknya anda memahami terlebih dahulu dampak dan kelemahan/kelebihan dari kedua pengaturan tersebut, dengan nofollow maka blog anda akan lebih aman dari pengindekan yang buruk dari mesin pencari, sedangkan dengan dofollow kemungkinan untuk lebih baik akan semakin terbuka tetapi juga akan lebih rentan dengan pengindekan buruk dari mesin pencari.

Sebelum merubah blog anda menjadi dofollow maka ada baiknya anda memahami terlebih dahulu dampak baik dan buruk yang akan terjadi, dan memahami cara mengatasinya sehingga ketika anda merubah blog anda menjadi dofollow blog anda akan benar-benar menjadi lebih baik bukan menjadi lebih buruk dimata mesin pencari.

Tingkat Pengunjung
Dengan merubah pengaturan blog anda menjadi dofollow maka tingkat pengunjung akan meningkat, dimana anda sudah membuka salah satu pintu yang banyak mendatangkan pengunjung, yaitu bagi blogger yang mencari blog dofollow untuk dipasangi link mereka. Dengan begitu anda memiliki lebih banyak tingkat pengunjung dari pada blog dengan nofollow dalam pengaturannya.

Blog nofollow dipandang lebih baik dari pada dofollow pada beberapa mesin pencari seperti google yahoo dan sebagainya, jadi untuk bisa bersaing dimesin pencari blog dofollow harus mempunyai nilai lebih pada segi/aspek yang lain dari blog nofollow. Sehingga tidak hanya membuka pintu bagi pengunjung yang mencari blog dofollow tetapi blog anda juga harus bisa bersaing dimesin pencari.

Jumlah Link keluar dan Masuk Blog
Lalulintas link dalam blog sangat menentukan bagi blog, dimana ketika banyak link yang keluar dari blog dan tidak diimbangi oleh link yang mengarah pada blog tersebut maka hal itu akan membuat blog tersebut dianggap tidak baik oleh mesin pencari.

Jika anda menentukan blog dofollow hal yang harus diperhatiakn adalah jumlah link yang berada dalam setiap konten blog, dan membatasi komentar yang memiliki link didalamnya, bayangkan jika blog anda memiliki seratus posting/konten dan setiap konten memiliki lima komentar yang menanamkan link didalamnya, maka jumlah link keluar yang ada 500 link keluar dari blog anda dari komentar belum ditambah dengan link keluar lainnya, jika hal itu tidak diimbangi oleh link yang mengarah pada blog, maka kemungkinan besar blog anda tidak dapat bersaing di mesin pencari.

Jadi jika anda menentukan blog anda sebagai dofollow maka anda juga harus sering berkomentar di blog dofollow lain untuk mengimbangi link yang keluar dari blog anda. Sedangkan jika anda jarang melakukan komentar pada blog lain, sedangkan anda juga tidak memiliki kemampuan dalam membangun link, maka sebaiknya blog anda tetap nofollow.

Link dari nofollow blog bukan berarti tidak berarti atau tidak terindek, yang jelas walaupun blog nofollow, link yang ada masih tetap bermanfaat dan memberikan kualitas bagi link yang ada di dalamnya walaupun tida sebesar dari dofollow.

Ini hanya pendapat pribadi saya, saya juga bukan ahli SEO, saya mendapatkan kesimpilun tersebut dari berbagai sumber, walaupun banyak juga sumber yang bertentangan dengan pendapat saya tersebut. Yang jelas tidak ada yang pasti dalam SEO, kejelian dan kerja keras anda adalah yang menentukan kesuksesan anda.

Komentar

  1. Balasan
    1. sama-sama kang, mudah-mudahan bermanfaat buat penulis juga pembaca sekalian,

      Hapus
  2. dofollow atau nofollow memiliki kelebihan dan kekurangan masing :)
    tergantung selera dan saya setuju untuk blog yg dofollow backlink yg mengarahnya harus seimbang dengan outbound linknya.
    cara mengetahi blog tersebut dofollow atau nofollow?
    -Biasanya pemilik blog akan memasang tulisan yang isinya blog ini dofollow
    - Atau bisa dengan menginstal addon mozilla, bisa dicari digoogle dengan mengetikan" cara mengetahui blog dofolow atau nofolow.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksih atas tambahannya, mudah-mudahan bisa bermanfaat buat semuanya, amin.

      Hapus
  3. mantabb sekali sharing ilmunya...sangat bermanfaat sekali bagi para newbie internet marketing...terima kasih banyak ya...

    suksess selalu...

    BalasHapus
  4. thanks saringnya gan.. karena masih nubie mesti banyak cari referensi..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagi Koalisi - koalisian

Auto Generate Content

Menggugat Operator Seluler