Menunggu Hadirnya Perusahaan Lokal yang Besar di Dunia Internet

Indonesia sedang mengalami perkembangan melek internet yang sangat cepat, operator seluler berlomba-lomba memberikan layanan internet murah, pemerintah telah membuat program akses internet disetiap kecamatan seluruh Indonesia, dan menjamurnya warnet sampai kampung-kampung. Masarakatpun mulai terbiasa dengan dunia internet, mereka dengan mudahnya mencari informasi, hiburan dan lainnya melalui saluran internet.
Hal ini sangat positif dimana dunia internet memberikan kemudahan dalam berkomunikasi, tempat belajar dan mencari hiburan untuk melepas penat. Terlepas dari itu ada kekhawatiran yang muncul dimana perkembangan penggunaan internet tidak dibarengi oleh penyedia layanan dan para pebisnis internet lokal. Hal ini sangat menghawatirkan dimana banyak potensi ekonomi yang dikuasai oleh perusahaan asing.
Layanan-layanan yang ada masih didominasi oleh perusahaan asing seperti email, sosial network, forum dan lainya, dimana penyedia layanan lokal masih jadi nomor dua. Hal ini jika berlangsung dengan lama maka hanya akan merugikan kita sendiri.
Keadaan seperti itu tidak bisa menyalahkan pengguna, mereka hanya mencari sesuatu yang menurut mereka baik , bagus dan terpercaya hal yang sulit didapat dari penyedia lokal dimana merka kurang memberikan pelayanan yang maksimal bagi para pengguna. Padahal potensi yang besar sedang menunggu akan hadirnya perusahaan lokal yang bisa memberikan pelayanan yang baik.
Perusahaan/situs lokalsendiri hanya bisa menguasai pasar internet dalam bidang periklanan dan forum, untuk yang lainnya masih didominasi oleh asing. Facebook contohnya adalah perusahaan asing yang menguasi sosial network indonesia, yahoo dan google adalah perusahaan yang menguasai layanan yang lainnya seperti mesin pencari, penyedia email dan lainnya.
Para pengguana hanya bisa menunggu hadirnya perusahaan lokal yang bisa bersaing dengan mereka dan hal yang terpenting adalah pelayanan yang diberikan harus bisa menyamainya dengan begiu maka perusahaan lokal bisa mengimbangi dominasi asing pada dunia internet lokal indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagi Koalisi - koalisian

Auto Generate Content

Menggugat Operator Seluler