Sopan Santun Tehadap Saudara-saudara Kita


  1. Saudara laki-laki dan saudara perempuan adalah orang-orang yang paling dekat kepadamu setelah kedua orang tuamu. Apa bila engkau ingin ayah dan ibumu gembira terhadapmu, maka bersikaplah sopan terhadap mereka dengan menghormati saudara laki-lakimu yang lebih tua dan saudara perempuanmu yang lebih tua dan mencintai mereka dengan cinta yang tulus ikhlas. Engkau ikuti nasihat mereka.Dan sayangilah saudara laki-lakimu yang kecil dan saudara perempuanmu yang kecil serta cintailah mereka dengan cinta yang benar. Janganlah engkau mengganggu mereka dengan memukul atau memaki. Jangan memutuskan hubungan dengan mereka atau merusak mainannya, karena hal itu akan membuat marah kedua orang tuamu.
  2. Begitu pula janganlah engkau bertengkar dengan saudaramu yang laki-laki ataupun  perempuan bila hendak masuk kekamar mandi atau menggunakan mainan ataupun duduk di atas kursi atau karena sesuatu hal lainnya. Hal ini akan menyenangkan kedua orang tuamu dan mendapatkan keridhaan mereka.
  3. Maafkanlah saudaramu jika ia bersalah dan tunjukan kesalahn dengan lemah lembut agar ia tidak berbuat kesalahan sekali lagi. Jauhilah dari banyak bergurau, karena hal itu menyebabkan dendam dan perrmusuhan.
(AL-AKHLAQ LIL BANIN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagi Koalisi - koalisian

Auto Generate Content

Menggugat Operator Seluler