Cintai Produk Dalam Negri


      Tulisan ini cuma buat ngisi kekosongan dan mengisinya dengan sesuatu bermanfaat semoga dengan tulisan ini ada pembaca yang menyadari pentingnya mencintai produk dalam negri. Sebenarnya hal ini sering dibahas oleh ekonom, banyak program pemerintah yang menyangkut hal ini. Tetapi hal itu tidak maksimal mungkin dikarenakan banyak kepentingan luar dalam hal ini sedangkan pemerintah kita sendiri tidak lepas dari bayang-bayang kekuatan luar yang menguasainya. Ok cukup basa-basinya langsung ke pembahasan.

        Sebenarnya kenapa kita harus mencintai produk dalam negri, hal ini sebenarnya sederhana contohya ketika anda membeli sepatu buatan eropa anda harus mengeluarkan uang yang mana uang tersebut dibawa keeropa anda sendiri jualan baju sedangkan eropa sendiri tidak membeli dari anda mereka memilih baju buatan mereka sendiri. apa yang terjadi sepatu anda ruksak dan anda ingin membeli sepatu pada orang eropa tersebut, sedangkan uang berada di tangan orang eropa. akhirnya untuk mendapatkan uang anda menjadi Tenaga Kerja indonesia (TKI) diperas dan dijadikan budak dan akhirnya uang itu kembali ketangan anda dan bodonya lagi anda membeli sepatu itu kembali dan terjdi berulang-ulang.

       Contoh diatas adalah salah satu dampak penggunaan barang impor terhadap perekonomian suatu negara, ketika impor barang suatu negara lebih besar dari ekspor maka akan ada devisit. Suatu negara akan mencari cara mengatasinya seperti pengiriman TKI, utang dan sebagainya.

       Untuk Indonesia sendiri berada dalam keadaan impor lebih besar dari ekspor bahkan sangat jauh. Dimana semua kebutuhan kita di penuhi oleh produk impor. Padahal kalo kita mau membeli produk lokal para TKI tidak perlu tersiksa buat mengembalikan uang yang telah kita belanjakan. Mereka cukup membuat produk yang kita beli tersebut. Jadi jika anda salah satu yang merasa bersedih melihat nasib para TKI maka mulailah menggunakan buatan dalam negri.

      Mungkin hal ini adalah masalah kecil dalam kehidupan kita, tapi bukan besar kecil yang menjadi masalah, tetapi loyalitas dan gairah kebangsaan rakyat indonesia itu sendiri dalam mempertahankan dan memajukan Bangsa ini. Jangan hanya mengecam ketidak adilan yang terjadi disekitar kita tetapi mulailah dengan berusaha memajukan bangsa ini sekecil apapun kontribusi yang diberikan.

Semoga dengan tulisan singkat ini kita mulai melakukan perubahan pada diri kita. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagi Koalisi - koalisian

Auto Generate Content

Menggugat Operator Seluler