ANALISIS TEKNIKAL

Analisis teknikal Merupakan satu studi tentang tindakan atau aksi pasar, dengan bantuan grafik-grafik tertentu. Analisis ini dibuat dengan keadaan harga, fluktuasi pasar srta analisis perkiraan (estimasi) dengan menggunakan perhitungan matematis mengenai pergerakan harga di waktu lampau untuk memperkirakan harga di waktu mendatang.

Asumsi-asumsi dalam analisis teknikal
Pasar mempertimbangkan semua persoalan
Para analisis teknikal percaya bahwa semua yang mempengaruhi terhadap harga pasar akan dicerminkan dalam harga tersebut, olehkarna itu studi tentang tindakan atau aksi harga adalah persoalan yang perlu diketahui.

Harga bergerak mengikuti arah aliran
Para analisis teknikal percaya bahwa harga bergerak mengikuti arah aliran tertentu. Selanjutnya para investor dapat saja mengikuti arah aliran yang berlaku sehingga arah aliran tersebut berputar arah.

Sejarah akan berulang
Analisis teknikal akan melihat ataupun menyelidiki psikologi pasar, grafik (chart) digunakan untuk melihat pola (pattern) tertentu yang mungkin berhasil apabila psikologi pasar berada dalam keadaan menaik maupun menurun.

Kelebihan analisi teknikal
Alasan para analisis menggunakan analisis teknikal:
  • Investasi itu sendiri sudah menjadi satu permainan di dunia
  • Jangka investasi sudah semakin pendek
  • Singkat dan lentur analisis teknikal itu sendiri


Metode grafik (cahrt) dalam analisis teknikal
Alat ulama yang digunakan dalam analisis teknikal adalah berbentuk chart yang digunakan untuk menggambarkan pola pergerakan harga pada waktu yang lalu. Penggunaan chart membuat asumsi bahwa jika pola pergerakan harga yang berbentuk pada saat ini atau akan datang ini menyerupai pola pergerakan harga pada waktu yang lalu, maka kemungkinan besar pola harga pada waktu yang akan datang akan mengukti pola pererakan harga pada waktu yang lalu.

Tiga metode grafik utama yang sering digunakan
Chart lajur banyak digunakan oleh pemakai chart, sumbu tegak mewakili harga, dan chart mendatar waktu. Pada chart lajur harian tanda tertentu dibuat untuk menunjukan harga tertinggi, terendah, dan harga penutup pada hari itu. Informasi harga untuk hari-hari berikutnya akan diplot disebelah kanan dari harga hari ini.

Chart rata-rata bergerak, merupakan satu metode yang sangat popular untuk meramalkan harga yang digunakna oleh para nalisis teknikal. Chart ini dihitung untuk jangka waktu kapan saja yang diinginkan, cont 3 hari, 5 hari, 10 hari ataupun lebih. Kelebihan netode ini adalah dapat melicinkan (smoot out) pergerakan apa saja yang tidak normal yang mungkin berlaku di antar ahri-hari tertentu.

Cahrt titik dan angka (PAF) metode ini memerlukaninformasi intra-hari (informasi harga untuk setiap pardagangan yang berlangsung dalam sehari) yang biasanya tidak di peroleh oleh investor biasa. Chart ini melaporkan harga sepanjang sumbu mendatar tanpa memberi perhatian pada waktu perdagangan berlangsung. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagi Koalisi - koalisian

Auto Generate Content

Menggugat Operator Seluler