Pentalan "Bounce" Rate dan faktor yang mempengaruhinya

Seperti biasa kalau lagi malas nulis yang lain maka sang newbie ini menulis tentang seluk belu dunia blogging, yah walaupun lebih tertarik pada dunia tulis menulis tetapi karena bidang yang digunakan adalah internet maka tetap saja harus bisa sedikit tentang optimasi (SEO). Dan jika tidak ada ide dalam menulis maka trik dan ilmu tentang SEO yang sedikit ini juga bisa di tuangkan dalam tulisan, dan ternyata kebanyak tuliasan yang ada adalah tentang SEO dasar dan ini membuktikan kalau otak ini lebih sering buntu dari pada benernya.

Ok, cukup basa basinya langsung kepembahasan tentang pentalan atau bounce rate situs, pentalan adalah tingkat persentase jumlah pengunung yang hanya melihat satu halaman, jadi maksudnya adalah pengunjung datang entah dari mesin pencari secara langsung atau lainnya, dan mereka hanya melihat sekali saja tanpa melihat halaman lainnya. Ketika saya menulis ini rasio pentalan blog ini dalam google analytics menunjukan angka 72% berarti sebagian besar pengunjung blog ini sebagian besar ketika datang mereka tidak membuka halaman lain bahkan mungkin langsung menutupnya.

Beda dengan blog lain yang saya punya dimana rasio pentalan yang ada hanya 23% tentu saja ini sangat baik dimana sebagian besar pengunung ketika datang berarti mereka juga melihat tulisan saya yang lain, dan ini membuktikan bahwa tulisan yang dibuat cukup baik dimata mereka, jadi intinya semakin besar pentalan maka berarti semakin banyak Pengunjung yang hanya melihat satu kali ketika mereka datang tanpa melihat halaman blog lainnya.

Pentalan/bounce bisa kita lihat dalam analytics yang kita gunakan, entah itu google analytics, bing, hitstat dan masih banyak lagi biasanya mereka menampilkan bounce/pentalan dalam laporannya. Jadi untuk mengetahui rasio pentalan blog kita maka perlu menggunakan jasa analytics, saya sendiri menggunakan analytics.

Sebenarnya apa pengaruh bounce atau pentalan ini saya kurang tahu, yang jelas ini mempengaruhi SERP blog pada mesin pencari. Semakin tinggi bounce maka blog akan semakin buruk dan semakin bagus bounce maka blog semakin baik, setidaknya itu yang dinilai oleh mesin pencari. Jadi jika anda melihat pentalan situs anda tinggi maka harus ada perbaikan sehingga pengunjung betah berada di blog atau setidaknya mereka tidak datang dan pergi begitu saja. Selain itu semakin kecil rasio pantalan maka blog akan semakin baik setidaknya itu yang tergambar dalam rasio tersebut, dan jika pantalan tinggi maka harus ada analisa dari kita sebagai pemilik blog apa yang menyebabkan pengunjung hanya datang dan langsung pergi lagi.

Kualitas Konten / Tulisan
Ini mutlak paling mempengaruhi bounce rate, dimana tulisan yang hanya bertujuan mendatangkan pengunjung tanpa isi yang relevan hanya akan membuat pengunjung datang dan kecewa karena tidak mendapatkan apa yang mereka cari, selain itu tulisan yang asal-asalan seperti pada blog ini, dan konten yang hanya bertujuan optimasi biasanya membuat pengunjung blog kecewa dan tidak melanjutkan membaca tulisan yang lain.

Jadi jika ingin blog memiliki bounce yang minimal maka usahakan konten yang ada didalamnya harus menarik, memiliki isi sesuai dengan apa yang dicari pengunjung, dan memiliki banyak konten yang berkaitan yang membuat orang mencari informasi sebanyak-banyaknya pada blog kita. Atau membuat konten yang berkualitas yang memberikan pengunjung kepuasan dalam membaca setiap konten yang ada.

Tampilan Blog
Tampilan blog juga sangat penting, laoding yang lama yang diakibatkan oleh tampilan blog yang berat akan membuat pengunjung malas membuka halaman lainnya, selain itu kadang banyak blog yang berisi iklan yang sangat mengganggu dalam membaca konten ini juga berpengaruh terhadap kenyamanan dalam mencari informasi sehingga kadang mereka lebih memilih mencari pada blog lain atau menggunakan mesin pencari.

Buatlah tampilan blog yang memudahkan penunjung, jangan terlalu banyak widget yang tidak diperlukan, memperindah blog boleh saja tetapi usahakan blog masih dalam kecepatan yang wajar, jika terasa berat maka harus ada yang dihapus, selain itu usahakan memberi widget yang bukan hanya memperindah blog tetapi juga mempermudah pengunung dalam mencari informasi.

Masih banyak faktor lain yang menentukan rasio pentalan blog,  dengan terus menulis sesuatu yang berkualitas dan dengan bahasa yang baik dan enak untuk dibaca, selain itu mencari tampilan yang sesuai dengan blog juga akan menentukan dalam kenyamanan pengunjung blog. Hanya dengan terus belajar dan mencari maka blog akan memilki bounce atau pentalan yang wajar atau bahkan tidak ada pentalan pengunjung dimana setiap pengunjung blog merasa betah dan mendapat informasi yang mereka butuhkan.

Komentar

  1. Menurut saya durasi kunjungan juga berpengaruh,
    bounce rate yang paling akurat tent yg disediakan oleh google analytics. alexa dan histat juga ada namun bisa saya bilang jauh dari akurat.
    Nice Post, salam kenal dr sesama newbie.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih bos untuk tambahannya.. saya sendidrimenggunakan google analytics, sebelumnya pake histat..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagi Koalisi - koalisian

Auto Generate Content

Menggugat Operator Seluler