APAKAH PERKEMBANGAN FINANSIAL MEREDAM ATAU MEMPERBESAR DAMPAK SUATU KEJUTAN?


Penulis
Meily Ika Permata
Ibrahim
Hidayah Dhini Ari

Penerbit
Buletin Ekonomi, Moneter dan Perbankan, Oktober 2011

A b s t r a c t
This paper analyzes the role of financial development on economic output in Indonesia. Using vector autoregressive method, the results confirm the positive impact of financial development on output growth. The interaction between the financial development and the shock either in financial or real sector shows that the financial development has a positive role to dampen the negative impact of the shock on the output growth, while strengthen the positive one. Another variable on the model, which significantly affect the output growth are excess money, term of trade, and the price. Compare to these variables, the marginal effect of financial development on output is smaller.

Keywords: Financial development, shock, output volatility, VAR.



KESIMPULAN

Perkembangan finansial dan pertumbuhan ekonomi mempunyai hubungan yang positif, dimana semakin meningkatnya perkembangan finansial akan berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Namun demikian, dampak dari peningkatan resiko akibat adanya market imperfection/assymetric information cenderung tidak signifikan terhadap PDB.

Interaksi antara shock  di sektor riil dan moneter dengan perkembangan finansial menunjukkan bahwa perkembangan finansial mempunyai peranan positif dalam meredam dampak kejutan yang berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan. Sementara itu, dampak kejutan yang positif  terhadap pertumbuhan ekonomi akan semakin dikuatkan.

Beberapa faktor yang berpengaruh penting dalam pergerakan pertumbuhan dalam jangka panjang adalah perkembangan  excess money, perkembangan TOT dan pergerakan harga. Sementara itu meskipun perkembangan finansial mempunyai peranan positif dalam perkembangan pertumbuhan ekonomi namun kontribusinya cenderung tidak terlalu besar dibanding faktor di atas. Perkembangan finansial dan peningkatan resiko akibat adanya market imperfection/assymetric information tidak signifikan dalam mempengaruhi inflasi sejalan dengan temuan bahwa perkembangan finansial dan faktor resiko tidak berkontribusi besar dalam menjelaskan pergerakan inflasi dalam jangka panjang.

Downoad Link Full jurnal : http://www.bi.go.id/web/id/Publikasi/Jurnal+Ekonomi/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lagi Koalisi - koalisian

Auto Generate Content

Menggugat Operator Seluler